Wisata Gesing

Pelayanan 22 Oktober 2015 17:00:41 WIB

Girikarto(22/10)

Pantai adalah tempat wisata yang sering dicari para wisatawan, baik dalam maupun luar negeri. Pantai dijadikan objek wisata kegemaran, karena suasana alamnya, udara yang sejuk dengan semilir angin pantai dan juga dapat dijadikan pelepas lelah dari kesibukan kerja.

Di Yogyakarta, Kabupaten Gunungkidul, pantai menjadi objek wisata yang ditonjolkan. Dikarenakan, letaknya dekat dengan laut selatan sehingga terdapat banyak pantai. Di Kecamatan Panggang, Desa Girikarto juga terdapat potensi wisata pantai yang sedang dikembangkan. Terdapat beberapa pantai yang ada. Diantaranya, Pantai Gesing, Pantai Kesirat, Pantai Wohkudu.

Pantai Gesing, merupakan daerah TPI. Dan merupakan tempat singgah para nelayan dari daerah Kulon. Gesing dulu belum dikenal banyak orang, hanya orang – orang lokal dan nelayan saja yang berkunjung kesana.

Dilihat dari pemandangannya, Gesing termasuk mempunyai pemandangan yang indah dan apik. Pantainya berpasir putih, banyak terdapat kerang – kerang. Dan bentuk pantainya seperti teluk jadi agak jauh dari laut lepas. Sehingga jika untuk bermain bersama anak tidak begitu berbahaya.

Dengan seiring waktu, Gesing mulai dikenal oleh masyarakat luar selain oleh warga lokal. Mereka  mendengar dan mendapat informasi dari orang yang pernah berkunjung kesana. Sekarang pantai Gesing banyak pengunjungnya, ini dapat dilihat intensitas pengunjung pada akhir minggu. Pengunjung tidak hanya dari wisatawan lokal, wisatawan mancanegara pun melancong ke Gesing. Tidak hanya muda mudi saja yang datang, para keluarga juga banyak berkunjung. Bagi anak – anak jika ingin jeguran (istilah jawa), tidaklah berbahaya karena disana terdapat semacam palung – palung kecil seperi kolam yang muat dengan ukuran anak.

Dengan banyaknya pengunjung, bermunculan warung – warung makan dan tempat pemandian umum. Sehingga ini menjadi sebuah pendapatan baru bagi warga gesing. Juga membuka peluang bagi desa untuk menjadikan Gesing wisata yang diminati. Sayangnya, gesing sampai saat ini masih dikelola oleh warga sekitar. Sehingga untuk pembangunan dan perbaikan jalan menuju kesana belum bisa terlaksana. Padahal jika ini jadi perhatian bagi pemerintah daerah, bisa menambah pendapatan pemerintah daerah, karena sudah mulai ramai pengujungnya. (heny)

Belum ada komentar atas artikel ini, silakan tuliskan dalam formulir berikut ini

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Kode Keamanan
Komentar