MUSRENBANGDES DESA GIRIKARTO TAHUN ANGGARAN 2020

SUMARTI 22 November 2019 10:06:07 WIB

‘Pembangunan’ adalah suatu upaya yang dilakukan dengan tujuan menjadi lebih baik dari sebelumya. Pembangunan disegala bidang tentunya, bidang fisik maupun mental, moral maupun spiritual. Dan semua itu tak lepas dan tidak akan berjalan dengan baik tanpa suatu perencanaan. Demikian pula Pemerintah Desa Girikarto, Kamis 21 November 2019 telah melaksanakan Musdes yaitu Musrenbangdes/ Musyawarah Perencanaan Pembangunan Desa Tahun Anggaran 2020 yang dihadiri dari berbagai unsur, antara lain Pemerintah Kecamatan Panggang, Pemerintah Desa Girikarto, Lembaga Desa (BPD, RT & RW, LPMD, PKK, Karang Taruna), Tokoh Mayarakat dan Tokoh Perempuan.

Musrenbangdes membahas perencanaan pembangunan yang akan dilaksanakan di Desa Girikarto pada tahun 2020 dengan sumber dana PADes, Dana Desa, ADD, Bagi Hasil Pajak, Bagi Hasil Retribusi, Bantuan Keuangan APBD DIY, Bantuan Keuangan APBD Kabupaten serta Pendapatan lain-lain.  Pembangunan tersebut merupakan pembangunan fisik dan non fisik yang tertuang dalam empat bidang pembangunan yaitu Bidang Penyelenggaraan Pemerintah Desa, Bidang Pelaksanaan Pembangunan Desa, Bidang Pembinaan Kemasyarakatan Desa dan Bidang Pemberdayaan Masyarakat Desa. Dari keempat bidang tersebut dijabarkan ke dalam sub-sub bidang.

Pembangunan yang melibatkan masyarakat dalam perencanaannya seperti ini diharapkan akan menciptakan suatu keterbukaan bagi pihak-pihak terkait antara lain pihak masyarakat, pihak pelaksana maupun pihak pengevaluasi. Diharapkan semua elemen masyarakat yang ada di Desa Girikarto selalu dan selalu turut mengawal dari setiap proses pembangunan yang ada di Desa Girikarto. Semoga Desa Girikarto mampu bersaing di era yang semakin modern dan berkembang, semoga masyarakat Desa Girikarto semakin sejahtera.

Belum ada komentar atas artikel ini, silakan tuliskan dalam formulir berikut ini

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Kode Keamanan
Komentar