MUSDES PENCERMATAN BDT dan MUSDES PROGRAM BPNT

SUMARTI 08 November 2019 13:58:30 WIB

Rabu, 6 November 2019 telah dilaksanakan Musyawarah Desa (Musdes) Pencermatan BDT (Basis Data Terpadu) dalam rangka validasi atau perbaikan  DTKS (Data Terpadu Kesejahteraan Sosial) Tahun 2019. Musdes merupakan forum tertinggi ditingkat desa untuk pengambilan keputusan bersama. Dalam Musdes kali ini dihadiri oleh berbagai unsur antara lain Aparat Pemerintah Desa, BPD, Dukuh, Kader Dusun yang berperan sebagai Petugas verivali di lapangan (petugas pendata), Ketua-ketua RT, Tokoh masyarakat dan lembaga Desa. Musdes ini juga diharidi oleh TKSK Kecamatan Panggang Bapak Waryoto serta Bapak Kasi Kesos Kecamatan Panggang Bapak Purwanta sebagai fasilitator dalam Musdes. Musdes dipimpin oleh Kasi Pelayanan Desa Girikarto Bapak Waluya sebagai penanggungjawab di tingkat Desa dibidang ini.

Data yang dicermati adalah Ruta yang masuk dalam BDT namun belum lengkap datanya sehingga diperlukan pendataan kembali oleh petugas pendata. Hasil percermatan DTKS ini akan ditindaklanjuti dengan pengentrian data melalui aplikasi online SIK NG oleh petugas entri . Diharapkan proses verval/ validasi data dapat dilakukan sesuai dengan keadaan dilapangan yang sebenarnya sehingga data benar-benar valid, serta dapat terselesaikan tepat waktu.

Setelah pencermatan DTKS selesai forum dilanjutkan dengan MUSDES Program BPNT, dengan tujuan pencermatan data penerima BPNT yang sudah dipandang layak untuk tidak menerima program BPNT dan akan digantikan dengan masyarakat yang lebih layak untuk menerima program BPNT. Musdes ini dilakukan untuk mengurangi kesenjangan yang ada dimasyarakat dan meminimalkan peogram yang kurang tepat sasaran mengingat didalam masyarakat sangatalah memungkinkan terjadi pasang surut perekonomian dalam suatu rumah tangga.

Kami berharap semoga hasil Musdes dapat membawa perubahan kea rah yang lebih baik.

Belum ada komentar atas artikel ini, silakan tuliskan dalam formulir berikut ini

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Kode Keamanan
Komentar