FESTIVAL KETHOPRAK ANTAR DESA

Suparman 19 September 2018 14:39:09 WIB

RORO MANGLI adalah Lakon Kethoprak yang diangkat oleh Kelompok Kesenian Kethoprak Karto Budaya Desa Girikarto dalam Festival Kethoprak Antar Desa seKecamatan Panggang yang dipentaskan pada Jumat, 14 September 2018 yang lalu. Lakon ini menceritakan seseorang yang memiliki watak serakah, tamak, gila hormat  hendak memperoleh kekuasaan namun dijalankan dengan cara yang tidak lazim atau meyalahi aturan. Mangli dijadikan alat oleh Ayahnya yang bernama Pasingsingan untuk merebut kekuasaan  Kanjeng Sunan Amangkurat Agung, agar dirinya menjadi seseorang yang tersohor. Mangli dipaksa menjadi istri Pangeran Timur adik dari Kanjeng Sunan Amangkurat Agung yang memang jatuh cinta pada Mangli. Pangeran timur dibujuk dan dirayu oleh Pasingsingan untuk mau menjalankan niat busuknya. Namun malang gerakan dari Pasingsingan tercium juga oleh pihak kerajaan dan akhirnya kebenaran terbuka… kejahatan pun teradili. Ayah Mangli diadili dan Mangli memilih untuk bunuh diri.

Pemeran Kethoprak Roro Mangli semuanya berasal dari Desa Girikarto yang merupakan pemuda pemudi yang peduli dan tentunya berbakat mengembangkan seni peran Kethoprak. Pemeran Pangeran Timur adalah Saryanto,S.Pd.B. Roro Mangli diperankan oleh Jarmini dan saudara Slamet berperan sebagai Tumenggung Pasingsingan ayah Mangli.

Menjadi suatu kebanggan bagi Desa Girikarto, dalam Festival tersebut Saryanto,S.Pd.B yang berperan sebagai Pangeran Timur berhasil memperoleh Predikat Pemain Pria Terbaik seKecamatan Panggang. Sedangkan Kethoprak Karto Budoyo Desa Girikarto mendapat Juara ke II dalam festival tersebut.

Ucapan terimakasih dan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada seluruh pemeran Kethoprak Karto Budaya, Sutradara, penata music/ wiyogo, penata gerak dan semua pihak yang tidak dapat kami sebutkan satu persatu dalam persiapan sampai pada pementasan Kethoprak atas prestasi yang diukir untuk Desa Girikarto. Ucapan Semoga Kesenian tidak punah tetap lestari khususnya di Desa Girikarto. Ucapan selamat juga dihaturkan kepada seluruh peraih Juara dalam Festival tersebut. Terimakasih.

Komentar atas FESTIVAL KETHOPRAK ANTAR DESA

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Kode Keamanan
Komentar