PELATIHAN KELOMPOK PEREMPUAN BIDANG EKONOMI PRODUKTIF “PEMBUATAN CRIMPING SINGKONG DAN TALAS”

Suparman 11 Juli 2018 13:19:51 WIB

Singkong, sudah tidak asing ditelinga kita apalagi di Desa Girikarto yang sebagian besar sebagai petani. Salah satu hasil pertanian di Desa Girikarto adalah singkong, biasanya singkong hanya dikupas dikeringkan dibuat Gaplek kemudian dijual atau dikonsumsi sendiri. Selaian itu ada juga sebagian petani yang menjual singkong langsung pada pengepul. Sementara itu harga jual singkong maupun  Gaplek sangatlah rendah jika diperhitungkan muali dari cocok tanam sampai panen petani singkong dapat dikatakan merugi. Sehingga perlu dicari alternative olahan singkong agar dapatmeningkatkan nilai jual singkong dan pada akhirnya dapat meningkatkan ekonomi keluarga.

Pemerintah Desa Girikarto melalui Program Di Bidang Pemberdayaan Masyarakat Desa dengan menggunakan alokasi Dana Desa PTPKD Kasi Pelayanan telak melaksanakan Pelatihan Kelompok Perempuan Bidang Ekonomi Produktif yaitu Pembuatan Crimping Singkong dan Talas. Pelatihan ini diikuti oleh ibu-ibu pembuat  olahan dari bahan singkong dan talas. Jumlah peserta pelatihan sebanyak sepuluh orang yang terhimpun dalam 3 kelompok yaitu kelompok Berkah dari Padukuhan Padem : Sutarni, Puji Lestari dan Sudarmi. Kelompok Mekarsari dari Padukuhan Wiloso dengan anggota Suparmi, Dharma Susanti, Sumarmi dan Yanti. Kelompok Nugraha dari Padukuhan Pundung dengan anggota Sutrini, Yante dan Wastini. Ketiga kelompok tersebut sudah memproduksi makanan camilan berupa crimping pedas manis dan gurih, namun sementara ini mereka berproduksi secara otodidak.

Dengan narasumber ibu Marsinem, dalam pelatihan ini diharapkan para peserta dapat meningkatan kualitas maupun kuantitas dari produk yang sudah dibuat.  Sehingga dapat meningkatkan harga jual dari singkong dengan mengolahnya menjadi Crimping singkong maupun Talas. Semoga dari pelatihan ini dapat menumbuhkan kreativitas yang lain dalam mengolah singkong menjadi produk makanan yang punya harga jual tinggi.

Komentar atas PELATIHAN KELOMPOK PEREMPUAN BIDANG EKONOMI PRODUKTIF “PEMBUATAN CRIMPING SINGKONG DAN TALAS”

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Kode Keamanan
Komentar