Gladi Lapang Tanggap Bencana Angin Kencang

Watini 13 November 2023 21:27:35 WIB

Pelaksanaan kesiapsiagaan bencana angin kencang dilaksanakan oleh YAKKUM Emergency Unit (YEU) bekerjasama dengan FPRB Girikarto dan BPBD Gunungkidul di Lapangan Jambewangi, Kalurahan Girikarto, Kapanewon Panggang dilaksanakan pada hari Senin, 13 November 2023

Dalam sambutannya Panewu Anom Kapanewon Panggang menyampaikan “berharap bahwa dengan pelatihan tersebut, FPRB Girikarto sudah bisa bekerja dengan cepat dan siap saat terjadi bencana. Jika menilik ke belakang, saat terjadi gempabumi di tahun 2008, masih banyak perangkat kalurahan yang belum dapat bertindak cepat dalam menangani korban, sehingga dengan status KALTANA (Kalurahan Tangguh Bencana) yang disandang oleh Kalurahan Girikarto, dapat benar-benar mempraktikkan ketangguhan dan ketangkasan dalam menanggapi bencana yang muncul”.

Purwono S.I.P., M.Si., selaku Kepala Pelaksana BPBD Gunungkidul mengatakan bahwa Kalurahan Girikarto telah ditetapkan sebagai Kalurahan Tangguh Bencana atau Kaltana. Dengan diadakannya Gladi Lapang di Kalurahan Girikarto, tentunya memperkaya pengalaman FPRB Girikarto dalam hal kesiapsiagaan bencana.

David Pattinama, selaku Program Manager LEAP (Locally-led Inclusive Disaster Response and Preparedness) YEU menuturkan bahwa Gladi Lapang ini merupakan bentuk dari uji coba dari dokumen RENKON yang telah disusun oleh FPRB Girikarto. Harapannya dengan mempraktikkan rencana kontijensi tersebut dalam bentuk Gladi Lapang dapat meningkatkan ketangkasan dan kesiapsiagaan FPRB Girikarto dalam menghadapi bencana.

Belum ada komentar atas artikel ini, silakan tuliskan dalam formulir berikut ini

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Kode Keamanan
Komentar
 

Pencarian

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookTwitterGoogle PlussYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Pengunjung

Peta Desa