REMBUK STUNTING KALURAHAN GIRIKARTO

SUMARTI 30 Juli 2022 10:15:03 WIB

Stunting adalah kondisi gagal tumbuh pada anak balita akibat kekurangan gizi kronis sehingga anak lebih pendek untuk usianya. Kekurangan gizi ini terjadi pada seribu HPK/ Hari Pertama Kelahiran (sejak bayi dalam kandungan dan pada masa awal kehidupan setelah lahir) tetapi baru tampak setelah anak berusia 2 tahun. Stunting disebabkan oleh faktor multidimensi sehingga penangananya perlu dilakukan oleh multisektor.

Di Kalurahan Girikarto tercatat ada 19% anak balita yang mengalami stunting lebih tepatnya berjumlah 39 anak pada bulan februari tahun 2022 berdasar data yang diperoleh dari Puskesmas Panggang 2. Dengan kondisi tersebut maka perlu dilakukan upaya pencegahan yang lebih di kalurahan Girikarto. 

Pada hari kamis tanggal 28 Juli 2022, di Kalurahan Girikarto telah dilaksanakan Rembuk Stunting yang dihadiri oleh Pendamping Kalurahan dari Kapanewon, Unsur kesehatan dari Puskesmas Panggang 2, Kader Kesehatan, Pendidik PAUD (TK & KB), Tokoh Masyarakat, Bamuskal, PKK Kalurahan, KPM dan tentunya Pemerintah Kalurahan Girikarto. Rembuk Stunting merupakan forum untuk berembug /diskusi mengenai konvergensi stunting berupa pembahasan usulan kegiatan yang akan dilaksanakan pada tahun 2023. Usulan kegiatan  diambil dari daftar kegiatan dalam rembuk stunting berasal dari aplikasi  eHDW, dan usulan kegiatan penunjuang (disesuaikan di Siskeudes-bidang pembangunan desa dan pemberdayaan masyarakat desa) dengan memperhatikan  pada Peraturan Presiden No 72 tahun 2021 tentang Percepatan Penurunan Stunting.

Pelaksanaan Konvergensi Percepatan Penurunan Stunting oleh Kalurahan (KPM/Kader) berupa pemantauan terhadap 5 paket  layanan konvergensi stunting di Kalurahan Girikarto. 5 paket layanan konvergensi stunting, yaitu:

  1. Layanan kesehatan Ibu dan anak (KIA)-Bumil dan Baduta
  1. Konseling Nutrisi/gizi terpadu
  2. Air bersih dan sanitasi
  3. Jaminan Sosial
  4. Layanan PAUD

Dengan Percepatan Penurunan Stunting di Kalurahan Girikarto diharapkan bisa menurunkan angka stunting yang ada di Kalurahan Girikarto. Semoga generasi penerus menjadi pribadi yang hebat, sehat, kuat serta bermartabat.

 

Belum ada komentar atas artikel ini, silakan tuliskan dalam formulir berikut ini

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Kode Keamanan
Komentar