Sedekah Laut Gesing, Girikarto

Pelayanan 08 Desember 2015 18:12:51 WIB

Kemarin (07/12), Gesing , Girikarto, Gunungkidul mengadakan semacam kegiatan rutinnya yaitu sedekah laut. Kegiatan ini diadakan setiap tahunnya.  Acara ini selalu dinanti –nanti oleh warga Girikarto, karena ada kesan tersendiri dari acara ini. 

Tradisi ini untuk menyambut datangnya Bulan Suro atau Muharam. Upacara yang rutin diselenggarakan setiap Selasa Kliwon di Bulan Suro ini mendapatkan perhatian dari ribuan pengunjung

Dalam labuhan itu, sebanyak tujuh gunungan yang berisi sesaji dan uba rampe dilarung ke tengah laut. Gunungan sesaji ini dibawa ketengah laut dengan diringi tidak kurang 15 perahu nelayan. Tujuh diantaranya memuat gunungan sesaji, sisanya memuat warga dan pejabat desa.

Labuhan laut di Pantai Gesing, Panjolo Mulyo ini, sudah berlangsung sejak ratusan tahun silam. Bahkan sebelum pantai ini menjadi tempat wisata dan pendaratan kapal nelayan.

Sebelumnya, nelayan dan petani sekitar pantai ratusan tahun silam hanya melakuakn ritual ini dengan melarung daun ketimo dan daun sirih yang sudah diracik.

 

Acara ini bisa dibilang acara besar karena banyak acara pendukungnya seperti campur sari, jatilan maupun wayang kulit pada malam harinya. Juga terdapat berbagai macam hiburan bagi pengunjung yang ingin menyaksikan acara ini. Acara ini dapat dijadikan momen yang dinantikan di pantai Gesing, Girikarto.

Belum ada komentar atas artikel ini, silakan tuliskan dalam formulir berikut ini

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Kode Keamanan
Komentar